STRATCH
Nama: Lutfiyanti
NRP : 05111740000036
Kelas : STI F
Bahasa Pemrograman Grafis dan Gratis Sesuai Untuk Anak dan Pemula
Scratch adalah Bahasa
pemrograman visual yang sangat mudah digunakan untuk pemula karena dalam
penggunaan scratch kita tidak perlu memperhatikan rumitnya sintaks pada bahasa
pemrograman. Hanya dengan drag & drop kita sudah bisa membuat cerita, game, animasi, video, dan
presentasi.
Pengguna scratch dapat
membuat program hanya dengan menyusun balok balok perintah seperti puzzle.
Jadi, tidak mungkin terjadi program error hanya karena kesalahan penulisan
sintaks.
Konsep
yang ada dalam scratch juga sangat menarik, sangat sesuai untuk
anak-anak dalam melatih logika. Selain itu, setiap command pada scratch
dikelompokkan dalam blok-blok warna sehingga memudahkan dalam menyusun
sebuah program.
TUTORIAL 1
Scratch adalah Bahasa pemrograman visual yang sangat mudah digunakan untuk pemula karena dalam penggunaan scratch kita tidak perlu memperhatikan rumitnya sintaks pada bahasa pemrograman. Hanya dengan drag & drop kita sudah bisa membuat cerita, game, animasi, video, dan presentasi.
Pengguna scratch dapat membuat program hanya dengan menyusun balok balok perintah seperti puzzle. Jadi, tidak mungkin terjadi program error hanya karena kesalahan penulisan sintaks.
Konsep yang ada dalam scratch juga sangat menarik, sangat sesuai untuk anak-anak dalam melatih logika. Selain itu, setiap command pada scratch dikelompokkan dalam blok-blok warna sehingga memudahkan dalam menyusun sebuah program.
Sekarang, mari kita belajar bagaimana caranya membuat animasi dengan scratch
Dalam scratch ada dua komponen yang penting yaitu :- Sprite Karakter utama yang nantinya akan kita atur dan gerakkan.
- Backdrop adalah latar yang akan kita gunakan.
- Motion pilihan menu untuk menggerakkan sprite kita ingin keposisi dengan koordinat berapa dan dengan gerakan apa.
- Looks pilihan menu untuk menambah atau mengganti visualisasi disekitar sprite.
- Sound pilihan menu untuk menambahkan efek suara. Kita bisa merekam suara sendiri untuk ditambahkan kepada proyek yang kita buat.
- Pen pilihan menu untuk menambahkan garis yang mengikuti pergerakan objek.
- Data pilihan menu untuk menampung proyek kita.
- Events pilihan menu untuk memberi perintah apa yang harus dilakukan supaya objek kita melakukan sesuatu seperti tekan tombol enter untuk memulai gerakan.
- Control pilihan menu untuk memberikan kontrol apa yang akan dilakukan objek saat saat tertentu seperti mengulang kembali.
- Sensing pilihan menu yang lebih digunakan untuk game karena dalam sensing ini memnta respon dari kita.
- Operators pilihan menu yang juga lebih digunakan untuk game atau presentasi. Karena disini kita mengatur tombol pada keyboard untuk melakukan printah sesuatu pada proyek yang kita buat.
- More Blocks pilihan menu untuk menambahkan block perintah yang kita punya.
TUTORIAL 1
Komentar