SAVE THE BIRDS


Nama : Lutfiyanti (05111740000036)
             Yasinta Yusniawati (o5111740000054)
Kelas : STI F
Program Studi : S1 Informatika 


Save the Birds  adalah sebuah game SCRATCH yang mengusung konsep avoid and catch. Game ini memberikan tampilan yang lucu dan menarik. Tidak hanya tampilannya yang menarik, tapi konsep cara bermain dalam game ini juga menarik.

Game ini terinspirasi dari game Powerpuff Girl. Hanya saja, kami mengganti konsep tampilannya menjadi kehidupan alam dengan burung sebagai icon utamanya. Selain itu, kami membuat burung yang ditampilkan dalam game kami bisa bergerak mengepakkan sayap. Sehingga game tidak terlalu datar karena sprite yang hanya diam mematung. 





Gambar diatas adalah tampilan awal dari game kami. Kami menampilkan alur cerita agar game ini bisa lebih komunikatif. Jadi game player tahu tujuan apa yang diinginkan dari bermain game ini. Selain itu, visualisasi di awal game dirasa menarik perhatian.




Ini adalah tampilan kedua game kami. Jadi, background akan berpindah ke alam terbuka dimana ada langit dan rumput. Untuk memulai game, kita klik button GO yang ada. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah


Saat game mulai berjalan akan muncul sprite-sprite lain seperti dibawah ini:



Seperti yang sudah disebutkan tadi, game ini terinspirasi dari Powerpuff Girl Game. Selain itu, sebagian besar sprite dari game diambil dari Google yang kemudian kami edit sendiri untuk diambil sebagian gambarnya dan kami jadikan sprite. Untuk Backsound dari game Save the Birds kami mengambil dari SCRATCH itu sendiri.

Berikut beberapa link referansi gambar yang kami edit dan gunakan untuk game kami :

a. Burung Penyelamat : https://id.pinterest.com/mvcodeclub/


Selanjutnya, sprite yang ada dalam game ini punya masing masing fungsi yaitu sebagai berikut :
 a. Pohon : Pohon berfungsi supaya game terlihat bergerak. 
 b. Jamur : Jamur berfungsi supaya game terlihat bergerak.
 c. Burung Penyelamat : Sebagai tokoh utama yang bertugas         membebaskan burung yang ditangkap.
d. Burung Tertangkap : Berfungsi sebagai sprite yang menjadi target.
e. Sangkar Burung : Berfungsi sebagai sprite yang menjadi target.
f. Peluru : Peluru ini sebagai tantangan. Jika terkena peluru maka nyawa akan berkurang satu.
g. Manusia : Manusia disini sama dengan peluru fungsinya. Jika terkena manusia maka nyawa akan berkurang
h. Owl Pink : Berfungsi sebagai penanda banyaknya nyawa dan juga icon penambah nyawa jika berhasil menangkapnya. Digunakan juga untuk tampilan Game Over.
i. Score : Score disini akan bertambah setiap mampu membebaskan burung.
j. Retry Button : Berfungsi sebagai sprite yang di klik jika ingin melanjutkan game setelah game over.
h. GAME OVER : Tampilan jika game over.

Untuk Sound yang kami pakai berikut adalah penjelasannya. 
a. Man Scream(SCRATCH) berbunyi jika burung menabrak peluru
b. Thankyou Very Much (https://www.youtube.com/watch?v=p2Ihcl8XTP0) berbunyi jika burung bisa dibebaskan.
c. Backsound (https://www.youtube.com/watch?v=pr42azVZi3o) Dimainkan dari awal game hingga akhir.

Berikut adalah video tutorial dari Game kami :






Ayo mainkan game kami :) atau langsung kunjungi di akun SCRATCH kami :  https://scratch.mit.edu/projects/193714172

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia Modern di Era Digital dengan Penerapan Teknologi Berbasis Internet

Kisah remaja

Music Organizer & Auction Machine